Skip to content

Menggenggam bara api sunnah (Taat kepada penguasa).

October 30, 2014

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Salah satu aqidah agama Islam yang mulai terlupakan adalah Ketaatan kepada pemerintahnya. Ketaatan dalam hal yang ma’ruf. Ketaatan yang tidak bermaksiat kepada Allah subhanahu wata’ala. Ketaatan untuk tidak memberontak. Baik memberontak dengan ucapan-ucapan maupun senjata. Ketaatan untuk menjaga kehormatan penguasa. Ketaatan untuk tidak mencela penguasa di depan umum, di meda sosial dan yang semisalnya.

Jika engkau mendapati kekeliruan pada mereka. Nasehatilah secara empat mata. Jika tidak sanggup do’akanlah agar penguasa kita mendapat rahmat Allah subhanahu wata’ala. Karena kebaikan penguasa adalah kebaikan untuk seluruh rakyatnya. Keburukan penguasa maka seluruh rakyatnya yang akan merasakannya. Do’akanlah agar penguasa kita mendapat rahmat dari Allah subhanahu wata’ala.

Jadi apa yang kita harapkan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini? Kebaikan atau keburukan? Jawabannya bisa dilihat dari bagaimana kita bersikap kepada penguasa.

Adakah jalan yang jalan itu lebih baik dari jalan yang Rasulullah, para sahabatnya, tabi’in dan tabi’ut tabi’in berada di atasnya? Jalan yang mereka berada di atas jalan yang mendapat ridlo Allah subhanahu wata’ala. Generasi yang menjalani, memahami dan mengamalkan agama Islam mendapat ridlo/persetujuan dari Allah subhanahu wata’ala. Generasi yang mengetahui dan mengamalkan semurni-murninya agama Islam.

Apakah kita mau berada di atas jalan yang ¬†Rasulullah, para sahabatnya, tabi’in dan tabi’ut tabi’in tidak berada di atasnya? Jalan yang masih diragukan akan kebenarannya? Jalan-jalan yang dibuat oleh manusia. Jalan-jalan yang membuat jalan tersebut juga masih mencari kebenaran?

Mohon koreksi jika ada kekeliruan.

Baarakallahu fiikum.

7 Muharram 1436 H

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: