Skip to content

Rol Kabel Listrik

July 9, 2017

Bismillah. 

Teringat pada saat masih menjadi  trainee ada seorang teman trainee yang bercerita jika memakai mesin las portable atau biasanya disebut “kedi” yang dihubungkan melalui rol kabel maka rol kabelnya harus diulur (kabel tidak digulung) jika tidak maka rol kabelnya akan mengeluarkan asap atau terbakar. Saat itu misteri belum terpecahkan. 

Alhamdulillah beberapa tahun kemudian misteri tersebut terpecahkan. 

Dari gambar diatas ada rol kabel dengan rating tegangan 230 VAC,  rating arus 10 A dan daya 2300 Watt. Ada keterangan jika beban pada rol kabel masih di bawah 1000 Watt dan jika rol kabel dibebani diatas 1000 Watt atau 4.35 Ampere maka rol kabel harus diulur kabelnya dari rol. Daya mesin las “kedi” biasanya diatas 1000 Watt maka rol kabel harus diulur.

Mengapa demikian. Setiap penghantar listrik atau kabel listrik yang dialiri arus listrik maka suhu penghantar atau kabel tersebut akan naik. Semakin besar arus yang mengalir maka akan semakin panas suhu kabel tersebut. Sehingga jika rol kabel pada gambar dibebani dengan 1 atau lebih peralatan dengan daya diatas 1000 Watt atau arus 4.35 Ampere maka rol kabel harus diulur. Hal ini bertujuan agar panas pada kabel bisa dilepas ke udara sekitar sehingga kabel tidak panas. Pendinginan pada kabel akan lebih baik dari pada jika kabel digulung atau tidak diulur. Saat akan membebani rol kabel dengan peralatan listrik perhatikan baik-baik daya atau arus pada peralatan tersebut.

Yang menjadi patokan utama adalah Arus yang mengalir. Rol kabel diatas umumnya digunakan pada tegangan 220 VAC dan tidak boleh digunakan pada tegangan lebih dari tegangan 230 VAC dan arus melebihi 10 Ampere. Rol kabel tersebut bisa digunakan dengan tegangan dibawah 230 VAC misal tegangan DC 110 V. Daya 1000 Watt pada tegangan 110 VDC maka arusnya adalah 9.1 Ampere. Sedangkan daya pada tegangan 110 VDC dan arus 4.35 A adalah 478.5 Watt. Sehingga jika rol kabel pada gambar digunakan pada tegangan 110 V maka batas aman kabel digulung adalah 478.5 Watt. Daya diatas 478.5 Watt harus diulur kabelnya. Dengan kata lain berapapun tegangan pada rol kabel tersebut batas aman rol kabel tersebut dipakai dalam keadaan tergulung adalah 4.35 Ampere dan maksimal 10 Ampere.

Semoga bermanfaat.

Baarakallahu fiikum.

Advertisements

From → Listrik

2 Comments
  1. Adi permalink

    Keterangan sing mengharuskan diulur ketika ampere mencapai 4.35 A endi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: